Website Resmi MIN 1 KOTAWARINGIN TIMUR

MIN 1 Kotim Gelar Try Out Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer

Sampit (Humas) – Sebanyak 103 peserta didik MIN 1 Kotawaringin Timur tengah melaksanakan try out dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Pada rabu siang (10/3/2021) terlihat sejumlah siswa kelas 6 tampak sibuk belajar di luar ruang laboratorium sedang menunggu sesi try out berbasis komputer yang diselenggarakan atas kerjasama Primagama dan panitia ujian dari MIN 1 Kotawaringin Timur.

https://kalteng.kemenag.go.id/kotim/berita/507130/MIN-1-Kotim-Gelar-Try-Out-Persiapan-Ujian-Nasional-Berbasis-Komputer

Try out berbasis computer ini dilaksanakan selama tiga hari, sebagaimana yang sampaikan oleh Kepala Madrasah MIN 1 Kotawaringin Timur, Rudiansyah, S.Pd dalam rapat panitia pelaksanaan try out. “Try Out tiga mata pelajaran yang meliputi, matematika, bahasa Indonesia, dan ilmu pengetahuan alam ini dilaksanakan selama tiga hari berturut – turut, dimulai pada tanggal 8 Maret 2021 sampai tanggal 10 Maret 2021, di ruang laboratorium MIN Kotawaringin Timur dan satu ruang kelas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari virus covid-19 yang tengah mewabah di dunia.” Tuturnya pada saat rapat panitia pelaksanaan try out kelas 6 tahun pelajaran 2020/2021, Sabtu (06/03/2021).

Penerapan try out persiapan ujian nasional ini menggunakan komputer atau sistem online dilatar belakangi dengan keinginan madrasah memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran, terutama untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan try out.

Selama ini, sistem try out Primagama menggunakan scanner terkadang menimbulkan masalah, antara lain kepekaan alat scanner yang terkadang membuat jawaban peserta didik kurang terbaca, selain itu di era pandemi seperti sekarang, penggunaan komputer pada saat try out diharapkan mampu mengurangi resiko penularan covid-19 pada saat tatap muka disekolah.

Pelaksanaan try out online ini diharap dapat memberikan efisiensi waktu karena hasil try out dapat langsung diketahui ketika peserta didik selesai mengerjakan soal, sekaligus untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran dan ujian di madrasah pada era industri 4.0 dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi, selain itu pelaksanaan try out diharapkan mampu menjadi salah satu tolak ukur kemampuan peserta didik untuk menghadapi ujian nasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. (AK)

Tinggalkan komentar